Home » » Cara Membuat Textarea di Blog dengan HTML.

Cara Membuat Textarea di Blog dengan HTML.

Ditulis oleh Rizqi Kautsar pada Rabu, 30 September 2015 | 20.07

Cara Membuat Text Area di Blog | Dapur Tutorial

Text Area adalah sebuah elemen berbasis HTML yang sebenarnya memiliki beberapa fungsi, mulai dari untuk menampilkan kodingan berbentuk plain-text, hingga untuk dijadikan salah satu bagian dalam input-form / registration-form. Dalam dunia blogging, text area seringkali digunakan untuk menampilkan sebuah kodingan dalam postingan agar pengunjung dapat lebih mudah melihat ataupun menyalinnya.

Ada beberapa jenis textarea yang biasa digunakan, antara lain :

1. Text Area sederhana

Script :
<textarea> masukkan tulisan kalian di sini </textarea>
Hasil :

2. Text Area dengan tombol Select All

Script :
<div><form name="DapurTutorial"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Select All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 200px; HEIGHT: 100px" name="txt" wrap="virtual"> masukkan tulisan kalian di sini </textarea></p></div></form>
Hasil :
Keterangan :
Untuk atribut berwarna biru, dapat kalian ubah sesukanya. Dimana width untuk mengatur lebar text area, dan height untuk mengatur panjang text area.

3. Text Area dengan border

Script :
<div align="center"><textarea style="WIDTH: 200px; HEIGHT: 100px; border: 2px dotted red;"> masukkan tulisan kalian di sini </textarea></div>
Hasil :
Keterangan :
Untuk atribut berwarna biru, dapat kalian ubah sesukanya. Dimana width untuk mengatur lebar text area, dan height untuk mengatur panjang text area. Sedangkan dotted dapat diganti dengan solid dan red dapat diganti warna lain seperti blue, white, black.

4. Text Area dengan highlight click

Script :
<textarea style="WIDTH: 200px; HEIGHT: 100px;" onclick="this.focus(); this.select();"> silakan klik teks ini  </textarea>
Hasil :
Keterangan :
Untuk atribut berwarna biru, dapat kalian ubah sesukanya. Dimana width untuk mengatur lebar text area, dan height untuk mengatur panjang text area. 

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat...

----------------
Catatan : Bila gambar ada yang tidak muncul, video tidak dapat diplay atau tutorial sudah tidak relevan, mohon beri komentar pada kolom di bagian bawah postingan ini. Terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar